Senin, 20 Februari 2017

#NHW2 CHECKLIST INDIKATOR PROFESIONALISME PEREMPUAN (Versiku)

Bismillah..

Tugas NHW2 ini adalah:
CHECKLIST INDIKATOR PROFESIONALISME PEREMPUAN

Menyelasaikan NHW2 ini ternyata membutuhkan waktu yang lebih panjang daripada NHW1. Butuh perenungan yg lebih mendalam.
Dalam rincian NHW dijelaskan.. kunci membuat ceklis indikator agar singkat, padat & jelas adalah:
- SPECIFIK (unik/detil)
- MEASURABLE (terukur, contoh: dalam 1 bulan, 4 kali sharing hasil belajar)
- ACHIEVABLE (bisa diraih, tidak terlalu susah dan tidak terlalu mudah)
- REALISTIC (Berhubungan dengan kondisi kehidupan sehari-hari)
- TIMEBOND ( Berikan batas waktu)

Pada remedial matrikulasi ini ceklis indikator masih belum banyak berubah dari ceklis yg kubuat pada batch sebelumnya.
Ada beberapa koreksi pada beberapa poin saja.

saya bertanya pada suami & anak hal apa saja yg membuat mereka bahagia?
karena anak saya masih usia 2 tahun, belum bisa menjawab pertanyaan ini, jadilah saya tanyakan saja pada suami tercinta.

Dengan segera ia menjawab dengan simple,
"mas mau kamu banyak senyum. gak cemberut. gak brekunung, mecucu, jamedud. gitu jg cukup ko bikin mas seneng"
jujur sekaliii pak!
singkat tapi mengena!
saya akui, belakangan saya lebih banyak manyun depan suami. ada saja hal yg merusak mood. Padahal hal tsb begitu sepele. Tapi entah kenapa senyum ini sulit sekali muncul..
baiklaaah.. berangkat dari kalimat simple suami saya.. saya mencoba melakukan perenungan lebih dalam..... Sehingga munculah indikator2 untuk 3 peran utama saya saat ini sebagai individu, istri, dan ibu.

Pada NHW1, saya menyatakan jurusan yg ingin saya ambil dalam Universitas Kehidupan saya saat ini adalah: Manajemen Emosi.
Selaras dengan hal tersebut, munculah ceklis indikator profesionalisme perempuan versi saya

1. Sebagai individu
- Pengembangan Diri
∆ membaca buku, 1 buku per 2 minggu
∆ mempelajari TOEFL, min. 1x per pekan
∆ sharing hasil kajian ilmu ke sosmed, min 1x per pekan
∆ belajar marketing online, ikut training online maupum offline, waktu tentatif min. 1x per bulan
∆ belajar copywriting dengan latihan menulis copywriting min. 1 tulisan per 2 hari
∆ belajar membuat essay utk accept beasiswa S2 bidang teknik pertanian.
∆ menerapkan ilmu sabar
∆ belajar pertanian organik
∆ belajar pemilahan sampah
∆ closing minimal 3 paket buku per bulan
- MANAJEMEN WAKTU
∆ Rutin bangun pukul 3 pagi
∆ selesai masak & nyuci baju sbelum anak bangun
∆ mengurangi waktu online yg tdk produktif
- TARBIYAH DZATIYAH 
∆ Tilawah (One Day One Juzz)
∆ Baca Hadits, One Day One Hadits 
∆ Rutin dhuha tiap hari
∆ Rutin Tahajud, min. 2x per pekan
∆ Rutin Rawatib, min. 2x per hari
∆ Ikut kajian ilmu islam, min. 1x per pekan
∆ setiap warning marah muncul segera istigfar lalu wudhu
∆ muhasabah diri setiap menjelang tidur 
- sebagai individu seorang ANAK
∆ Mengunjungi orang tua min. 1x per 2 bulan
∆ Menanyakan kabar, min. 1x per pekan
∆ Mengisi tabungan haji orangtua, min. 1x per bulan
∆ Support ummi agar sembuh dari Leukimia
∆ Menyampaikan pola asuh yg ingin saya & suami terapkan tanpa menyinggung perasaan orang tua

2. Sebagai ISTRI 
- perbanyak senyum terutama di depan suami
- rapi & wangi di depan suami
- bertutur kata lembut kepada suami
- mendengarkan terlebih dulu sebelum komentar
- support usaha suami, ikut repost setiap postingan dagangan suami, memberikan berbagai saran demi berkembangnya usaha suami.
- menghargai setiap bantuan sekecil apa pun dari suami
- lebih banyak minta maaf & berterimakasih
- mengoptimalkan peran manager keuangan keluarga, rutin rekap cash flow per bulan

3. sebagai IBU
- membuat tema weekly lesson plan & daily activities buat afnan
- lulus toilet training
- booster BB afnan
- reading time setiap hari min. 15 menit
- persiapkan afnan menjadi kakak
- menjaga pola makan keluarga
- update informasi seputar pengasuhan anak: ikut kulwapp, training, seminar min. 1 bln sekali
- lulus matrikulasi IIP
- melatih afnan tidur terpisah dari ummi & abi
- membuat mainan diy untuk menstimulasi sensori & motorik afnan, min. 1 diy per 2 pekan
- mengajak afnan mengeksplorasi alam: bermain di sawah, kebun, dll
- merapikan dokumentasi kegiatan afnan, bikin portofolio anak
- persiapan kelahiran anak ke-2

semoga ceklis ini bukan sekedar formalitas pemenuhan tugas matrikulasi.. semoga saya bisa istiqomah merealisasikannya.. aamiin

Semangat 😀✊

Tidak ada komentar:

Posting Komentar